3 Cara Utama Merawat Ikan Koi Dengan Benar

Jika anda ingin menjadikan ikan koi sebagai ikan peliharaan, tentu hal pertama yang perlu anda lakukan adalah mengetahui bagaimana cara merawat ikan koi dengan benar. Tujuannya adalah supaya ikan koi tetap sehat dan terlihat bagus. Melalui perawatan yang baik diharapkan ikan koi akan tumbuh dan berkembang dengan baik dan sehat.

Upaya cara merawat ikan koi dengan benar sebenarnya bukanlah hal yang sulit, namun bila anda masih termasuk pemula sebaiknya anda memiliki pengetahuan untuk merawatnya supaya tidak menyebabkan kematian. Inilah 3 hal utama sebagai cara merawat ikan koi dengan benar:

  1. Pakan

Pakan untuk ikan koi bertujuan untuk membentuk tubuh yang ideal, mencemerlangkan warna ikan koi dan untuk media perantara sebagai obat ikan koi yang sakit. Pakan yang bisa diberikan dapat berupa pakan buatan maupun pakan alami yang mengandung gizi seimbang yang dibutuhkan oleh ikan koi. Berikan pakan pada pagi dan sore supaya kebutuhan gizinya tercukupi. Inilah salah satu cara merawat ikan koi dengan benar yang sangat penting untuk diperhatikan.

budidaya ikan koi
foto: bernswaelz/Pixabay
  1. Air

Untuk menjaga kualitas air, anda perlu memasang filter empat lapis guna menjaga kelancaran dan kebersihan pasokan air. Komponen filter empat lapis terdiri dari ijuk, kerikil dan pasir sebagai filter pertama dengan fungsi untuk menyaring lumpur dan sampah yang membuat kolam menjadi kotor. Pada filter kedua terdiri dari karbon zeolit untuk menghilangkan bau tak sedap, racun, serta membunuh bibit penyakit. Lalu di filter ketiga terdiri oleh pestisida namun tak mematikan bakteri pengurai yang memiliki peran menjernihkan air kolam. Sedangkan di filter keempat terdiri dari bebatuan dan bebatuan yang bisa mengikat kotoran.

filter air kolam ikan koi
Foto: www.koicarp.net
  1. Kolam ikan

Ikan koi dapat dipelihara pada kolam taman, kolam tanah dan kolam semen. Namun, tidak dianjurkan untuk memeliharanya di aquarium karena ikan koi memerlukan area luas untuk berenang. Disamping itu, memelihara ikan koi didalam kolam akan memperlihatkan keelokan warnanya secara maksimal. Anjuran ukuran kolam minimalnya adalah 1,5m x 2m kedalaman 80-50cm dengan jarak minimal air ke bibir kolam 25 cm untuk mencegahnya lompat ke daratan. Dibagian bawah kolam harus dilengkapi dengan saluran pembuangan, sedangkan bagian atasnya dipasang pipa guna menyalurkan endapan air bersih.

memelihara ikan koi dalam rumah
Foto: aguy2000_gmail/Pixabay

Itulah 3 cara merawat ikan koi dengan benar yang paling utama sebagai upaya tumbuh kembang yang bagus pada ikan koi.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *