Ingin Membuat Kolam Ikan? Ketahui Teknik Menganalisis Jenis Tanah Berikut

Tidak sedikit para petani ikan yang membuat kolam ikan dengan asal-asalan. Apalagi tidak jarang bentuk kolam ikan tersebut hanya menyerupai kubangan air. Tentunya hal ini menjadikan produktivitas dari budidaya ikan menjadi kurang maksimal. Hal ini karena sebenarnya petani perlu melakukan pemilihan dan teknik menganalisis jenis tanah untuk kolam ikan.

Pada dasarnya teknik pembuatan kolam ikan sama pentingnya dengan faktor budidaya lainnya seperti: pemilihan pakan benih serta air. Apalagi kolam ikan berfungsi fital sebagai habitat hidup dari ikan. Sehingga kondisi kolam ikan sangat mempengaruhi baik serta buruknya pertumbuhan ikan.

Untuk membuat kolam ikan anda harus melakukan beberapa tahap seperti pemilihan dan menganalisis jenis tanah untuk kolam ikan sbb:

  1. Tanah liat berpasir merupakan jenis tanah yang paling bagus untuk membuat kolam tanah. Hal ini karena tanah ini memiliki tekstur yang solid dan kedap air sehingga lebih mudah dalam pembuatan tanggul.
  2. Jika tanah yang tersedia terlampau gembur, maka memerlukan upaya yang ekstra supaya bisa berfungsi dengan baik, seperti: dinding kolam diberikan lapisan batu-bata dan lapisan semen. Cara tersebut lebih efektif untuk mencegah kebocoran meski lebih mahal untuk biaya konstruksinya.
  3. Cara menentukan dan memilih jenis tanah untuk kolam ikan dilakukan dengan menggenggam segumpal tanah yang sudah dibasahi dengan air, lalu kepalkan tanah tersebut sekuat mungkin. Lalu buka bagian telapak tangan anda, jika hanya terdapat sedikit pasir pada permukaan telapak tangan maka dapat dikatakan bahwa itu adalah tanah liat berpasir.
  4. Jika ada banyak jumlah pasir yang menempel pada permukaan tanah maka tanah tersebut termasuk tanah gembur.

Usai menganalisis jenis tanah, anda bisa mengamati kontur dari lahan yang akan dibangun kolam ikan, apakah miring atau datar. Kemiringan lahan mempengaruhi teknik pembuatan dan penggalian tanggul. Tentunya pengaturan pola aliran lebih mudah pada lahan miring.

Teknik pembuatan kolam ikan dengan penggalian pada tanah di lahan miring cukup dilaksanakan pada satu sisi. Lalu tanah hasil galian dimanfaatkan untuk membangun tanggul pada sisi lain. Sedang untuk teknik pembuatan kolam ikan pada lahan datar, penggalian dilaksanakan di seluruh sisi. Hasil dari penggalian dijadikan untuk membangun tanggul.

Dengan pertimbangan yang matang bisa mempengaruhi kesuksesan dan hasil yang melimpah dari budidaya ikan. Jadi pembudidaya ikan penting untuk melakukan pemilihan dan menganalisis jenis tanah untuk kolam ikan.

pemilihan dan menganalisis jenis tanah untuk kolam ikan

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *