Teknik Memelihara Dan Cara Budidaya Ikan Koi

Ikan koi merupakan primadona yang bayak disukai oleh banyak orang. Oleh sebab itu, tak sedikit yang berminat memelihara dan membudidaya ikan yang menarik ini karena memang ikan koi ini memberikan peluang tersendiri. Permintaan pasar yang tinggi menjadi salah satu alasannya.

Menguasai teknik memelihara dan cara budidaya ikan koi sangat dibutuhkan untuk memeliharanya. Jangan sampai keliru dalam upaya pemeliharaannya hingga menjadikan ikan ini mati. Nah, inilah teknik memelihara dan cara budidaya ikan koi yang perlu anda ketahui.

Pelihara di dalam kolam

Inilah teknik memelihara dan cara budidaya ikan koi yang pertama sekaligus menjadi menjadi salah satu komponen yang paling penting. Pemeliharaan ikan koi di dalam kolam bertujuan untuk memberikan kekebasan ruang gerak pada si ikan. Dengan begitu, ikan koi pun akan tumbuh dan berkembangbiak dengan baik dan sehat. Buatkan kolam untuk ikan koi dengan ukuran ideal yakni 1,5 meter x 2 meter berkedalaman 50-80 cm. Perhatikan pula komponen kolam yang menunjang kenyamanan ikan koi tinggal didalamnya.

budidaya ikan koi
Foto: Bluefish_japan/Pixabay

Jaga kebersihan airnya

Saat terjaga kebersihannya, ikan koi ini dapat hidup dengan baik di habitatnya. Oleh karena itu, untuk menjaga tempat hidup bagi ikan koi membutuhkan perawatan yang ekstra. Menggunakan filter berlapis menjadi solusi guna menjaga menjaga kebersihan air didalam kolam sebagai tempat hidupnya. Akan tetapi, apabila teknik memelihara dan cara budidaya ikan koi tidak memanfaatkan filter maka sebaiknya anda mengganti air kolam dengan air bersih minimal satu kali dalam dua minggu. Hal ini dimaksudkan agar air kolam selalu terjaga kebersihannya sehingga ikan koi dapat tumbuh dengan baik.

budidaya ikan koin
Foto: Unsplash/Pixabay

Berikan pakan yang bagus

Pemilihan jenis pakan yang bagus bisa membantu menjaga kesehatan dan membuat warna kulit pada ikan koi semakin tampak indah dan terang. Baik pakan alami maupun pakan buatan sama-sama baik untuk pertumbuhan ikan koi. Contoh makanan yang baik bagi ikan koi adalah wheat germ dengan kandungan 32% protein dan sangat bagus guna mempercepat pertumbuhan pada ikan koi. Untuk membantu menjadikan warna ikan koi semakin terang anda bisa memanfaatkan zat karoten dari semangka, sawi, kubis, wortel dan lainnya.

budidaya ikan koi
foto: bernswaelz/Pixabay

Pastikan anda menerapkan teknik memelihara dan cara budidaya ikan koi yang baik agar ikan koi yang anda pelihara semakin sehat dan tumbuh dengan baik.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *