Tips Membuat Saluran Air Untuk Kolam Ikan

membuat saluran kolam ikan
Foto: inkflo/Pixabay

Saluran air baik yang masuk maupun keluar adalah salah satu bagian penting dalam pembuatan kolam ikan. Membuat saluran air untuk kolam ikan ini sangat besar manfaatnya untuk memelihara kualitas air dalam kolam. Apabila saluran air tersebut terhambat, maka bisa mengakibatkan penurunan kualitas dari air kolam dan mengakibatkan kematian ikan.

Untuk jarak antara saluran air yang masuk serta keluar wajib didesain sejauh mungkin. Posisi dari saluran masuk serta keluar diusahakan jangan sejajar, namun bersilangan. Hal ini supaya air dalam kolam terjadi sirkulasi sehingga air yang sudah masuk bisa menggantikan air lama dan tidak keluar secara langsung. Selengkapnya bisa anda simak informasi berikut.

  1. Membuat saluran masuk

Untuk membuat saluran air untuk kolam ikan yang masuk dapat dibuat menggunakan pipa PVC maupun selongsong bambu. Pipa diposisikan memotong serta menembus tanggul. Untuk ketinggian pipa lebih tinggi atau sejajar dari permukaan air pada kolam yang diinginkan.

Pipa dipasang secara mendatar dengan bagian pangkal mengarah menuju luar kolam serta dipasangi dengan jaring. Hal ini bertujuan supaya tidak ada hewan lain yang bisa dengan bebas masuk dan keluar dari kolam.

  1. Membuat saluran keluar

Saluran keluar pada kolam ikan memiliki 2 jenis yaitu saluran untuk pemanenan dan untuk sirkulasi. Untuk cara pembuatan kedua jenis saluran air tersebut dapat terpisah maupun disatukan.

Untuk membuat saluran air untuk kolam ikan yang menyatu, untuk pipa pengeluaran air dibuat menyatu dengan pemanenan. Untuk membuatnya dibutuhkan pipa menyiku atau pipa berbentuk L. Pipa tersebut dibuat pada dasar kolam dimana pipa yang menjurus pada luar kolam membentuk letter L yang menengadah keatas. Untuk pipa berdiri, vertikal sejajar dengan permukaan air kolam supaya ketinggian air kolam bisa diatur lebih mudah.

Untuk membuat saluran air untuk kolam ikan yang terpisah, bagian pipa untuk pengeluaran air untuk pemanenan dibuat di dasar kolam dan pipa pengeluaran air sirkulasi dibuat di permukaan kolam. Sedangkan pipa yang dibangun di permukaan diposisikan secara melintang di bagian tanggul. Untuk bagian yang mengarah pada kolam dibuat lebih rendah pada bagian luar kolam.

Bagian pipa pengeluaran pemanenan dibuat pada dasar kolam terendah yang umumnya dibangun pada saluran kemalir. Di bagian ujung pipa di bagian dalam kolam diberikan katup yang dapat ditutup dan dibuka.

Untuk kolam-kolam yang berukuran besar umumnya bisa membuat saluran air untuk kolam ikan 2 hingga 3 pasang saluran air, sedangkan untuk kolam yang berukuran lebih kecil cukup dibuat sepasang saluran air saja.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *