Tips Membuat Tanggul Kolam Ikan Yang Baik dan Benar  

Dalam pembuatan kolam ikan untuk pembudidayaan penting juga untuk membuat tanggul kolam ikan. Hal ini karena tanggul ini memiliki fungsi sebagai pembatas kolam ikan sekaligus menahan air. Anda bisa membuat tanggul kolam ikan hanya dengan tanah pada jenis tanah liat berpasir. Namun untuk jenis tanah yang mudah erosi dan gembur dibutuhkan tanggul yang terbuat dari tembok dan batu. Untuk informasi lebih detail anda bisa menyaksikan informasi berikut.

  1. Membuat tanggul kolam ikan jenis tanah

Anda bisa membuat tanggul tanah untuk kolam ikan anda apabila jenis tanahnya memungkinkan. Dari segi konstruksi, tanggul tanah lebih mudah dibuat dan biayanya juga lebih murah. Tahap untuk membuat tanggul kolam ikan ini antara lain:

  1. Tentukan luas dari kolam yang nantinya digali beserta garis batasnya.
  2. Lakukan penggalian lapisan tanah bagian atas dengan kedalaman sekitar 10 cm. Lapisan tanah atas ini harus anda pisahkan untuk nantinya kembali disebarkan pada dasar kolam. Hal ini karena tanah bagian atas ini begitu kaya dengan bahan organik yang sangat bermanfaat untuk kehidupan ikan anda nantinya.
  3. Gali lagi permukaan tanah hingga 60 cm untuk membuat tanggul. Bersihkan lahan dari sampah, akar dan bantuan supaya tanggul tersebut tidak bocor.
  4. Buat tanggul dengan penampang berbentuk trapesium yang menyempit di bagian atas dan lebar di bagian bawah. Tanggul yang semakin lebar akan semakin bagus karena akan lebih kokoh. Namun anda bisa menyesuaikan lebar tanggul dengan luas kolam, karena tanggul yang lebar tentunya akan memakan tempat.
  5. Sebaiknya gali tanggul 20 hingga 25 cm sebelum membuat tanggul kolam ikan sebagai pondasi. Lalu isi dengan tanah hasil galian lalu mampatkan. Tanah galian yang dipakai untuk membentuk tanggul dapat terlebih dahulu dialiri supaya solid.

    membuat tanggul kolam ikan
    Foto: ragambudidaya.blogspot.com
  1. Membuat tanggul kolam ikan dari tembok

Tanggul dari tembok dibutuhkan jika jenis tanah yang ada tidak memungkinkan untuk membuat tanggul tanah atau jika kita ingin kolam lebih permanen. Tembok bisa sebagai pembatas antar kolam atau pelapis untuk memperkuat tanggul tanah dan umumnya diaplikasikan pada kolam tunggal.

Biasanya semua tanggul yang dibuat dari lapisan batu-bata serta adukan semen untuk membuat kolam dalam jumlah banyak. Membuat tanggul kolam ikan tembok pastinya memerlukan biaya lebih mahal dibanding tanggul tanah.

Tanggul kolam ikan tembok

Tanggul yang baik ialah yang kuat dalam menahan beban air, tidak rembes (harus kedap air), tidak bocor dan tidak mudah erosi. Sehingga sebelum membuat kolam ikan perlu diperhatikan cara membuat tanggul kolam ikan yang baik dan benar.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *