Tips Menjaga Air Kolam Ikan Selalu Jernih

Kolam ikan mampu membuat suasana segar ketika berada di taman atau halaman rumah. Namun, apabila air pada kolam ikan keruh tentu saja bukan kesan segar yang dihasilkan, melainkan kesan kotor, tidak sehat, kusam, dan menjijikkan. Merawat kolam ikan agar tetep jernih memang harus rutin dilakukan. Coba ikuti tips menjaga air kolam ikan selalu jernih berikut ini.

Pemasangan Filter Air Kolam

Filter bisa diperoleh di toko-toko peralatan akuarium atau penjual ikan hias. Filter harus selalu dinyalakan, kecuali sewaktu dibersihkan, sehingga kadar oksigen dalam air cukup.

pondbiosystems

Gunakan Sikat dan Pel

Untuk perawatan, bersihkan kolam sebulan sekali. Tepapi jika air kolam terkena kotoran dan menjadi keruh, perlu segera dibersihkan menggunakan sikat kasar dan pel. Ketika membersihkan kolam, perhatikan keberadaan lumut di sekitarnya, sisakan sebagian, jangan dibersihkan seluruhnya. Keberadaan lumut penting sebagai makanan ikan.

sikat kolam

Hias Area Sekitar Kolam

Untuk membuat suasana jadi lebih segar, tambahkan tanaman di sekitar kolam ikan. Hias area sekitar kolam dengan tanaman perdu, yaitu tanaman pohon yang kecil dengan ketinggian kurang dari 1 m, yang ditanam dalam pot. Jangan terlalu rimbun sehingga sinar matahari tetap bisa dikontrol dan terbagi rata ke setiap sudut kolam.

tanaman hias
Foto: Pixabay

Jenis Ikan Berwarna

Untuk menambah kecantikan, isi kolam dengan ragam jenis ikan warna-warni, seperti ikan mas, koi, dan nila. Tambahkan pula jenis sapu-sapu, atau dikenal juga sebagai “ikan pembersih kaca”, untuk menjaga agar kondisi kolam tetap bersih dari lumut atau alga yang bertebaran.

kolam ikan
Foto: auntmasako/Pixabay

Demikian beberapa tips menjaga air kolam ikan selalu jernih, semoga dapat membantu Anda dalam merawat kolam ikan Anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *